Negara Jerman merupakan salah satu negara terbesar di Eropa seperti dikutip Eduversity.co.id.

Negara yang beribukota di Berlin ini berbatasan dengan Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Prancis, Luksemburg,

Belanda, Polandia, dan Swiss. Dengan luas wilayah sekitar 357.000 km persegi, negara Jerman memiliki populasi sekitar 82 juta jiwa.

Mau tahu fakta menarik tentang Jerman lainnya? Yuk kita simak berikut ini.

  1. Jerman terdiri dari 16 negara bagian, yaitu Nordrhein-Westfalen (Northrhine -Westphalia), Rheinland-Pfalz (Rhineland Palatinate), Saarland, Sachsen (Saxony), Sachsen-Anhalt (Saxony-Anhalt), Schleswig-Holstein, Thüringen (Thuringia), Baden Württemberg, Bayern (Bavaria), Berlin, Brandenburg, Bremen, Hamburg, Hessen (Hesse), Mecklenburg-Vorpommern (Mecklenburg – Western Pomerania), dan Niedersachsen (Lower Saxony).
  2. Setiap negara bagian di Jerman memiliki konstitusi sendiri.
  3. Berlin merupakan ibukota negara Jerman yang juga menjadi kota terbesar di Jerman. Namun sebelum reunifikasi Jerman, ibukota Jerman dulunya di Bonn yang menjadi ibukota Jerman Barat dan Berlin Timur yang menjadi ibukota Jerman Timur.
  4. Negara Jerman dipimpin oleh seorang Presiden dan seorang Kanselir. Presiden adalah kepala negara yang tugas utamanya representatif dan seremonial, sementara Kanselir Federal yang bertindak sebagai kepala pemerintahan.
  5. Nama keluarga Jerman yang paling sering digunakan adalah Müller.
  6. Bagian penting dari ekonomi Jerman adalah manufaktur. Jerman salah satu negara yang menjadi produsen top di dunia mobil, kapal dan barang elektronik tertentu.
  7. Olahraga yang sangat populer di Jerman adalah sepakbola. Julukan untuk timnas Jerman adalah Der Panzer.
  8. Jerman adalah negara pertama yang mulai menggunakan Daylight Savings.
  9. Di Bavaria bir dianggap sebagai makanan.
  10. Festival Oktoberfest yang diadakan pertama kali sebenarnya merupakan perayaan pernikahan untuk Pangeran Ludwig dari Bavaria pada tahun 1810.
  11. Sebagian besar taksi di Jerman menggunakan merek Mercedes-Benz atau Audi.
  12. Jalan tersempit di dunia Spreuerhofstraße, bisa ditemukan di Reutlingen dan berukuran 31 sentimeter pada titik tersempitnya.
  13. Gedung Reichstag adalah rumah bagi Bundestag Jerman, yaitu parlemen paling banyak dikunjungi di dunia.
  14. Katedral Cologne dibangun dalam waktu 700 tahun dan katedral ini bisa menampung 40.000 orang.
  15. Jerman adalah pengekspor mobil terbesar kedua di dunia setelah Jepang.
  16. Tradisi pohon Natal berasal dari Jerman.
  17. Katedral tertinggi di dunia berada di Ulm dengan tinggi 530 kaki.
  18. Tim sepak bola paling sukses di Jerman adalah Bayern Munich.
  19. Tempat pembuatan bir biara tertua di dunia adalah Biara Weltenburg yang didirikan pada 1040 tidak jauh dari Regensburg.
  20. Jerman berada di peringkat ketiga di dunia dalam hal pemenang Nobel, dengan 106 penghargaan.
  21. Ilmuwan Jerman terkenal Albert Einstein memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1921 karena penemuannya yang terkenal akan hukum efek fotoelektrik.
  22. Pemenang nobel pertama yang menerima penghargaan untuk jasanya dalam fisika adalah Wilhelm Rontgen Jerman pada tahun 1901, karena menemukan X-Ray pada tahun 1895. Sementara Emil Von Behring, penemu serum difteri, juga menerima penghargaan obat pertama pada tahun yang sama.
  23. Restoran Jerman memiliki penghargaan bintang Michelin tertinggi kedua, setelah Perancis. Kota dengan penghargaan bintang Michelin terbanyak di Jerman adalah Berlin, dengan total 26 bintang untuk 19 restoran.
  24. Jerman adalah rumah bagi lebih dari 6.000 museum. Jerman memiliki beragam museum, mulai dari museum seni, museum etnologi, museum sejarah, museum berorientasi musik, dan lainnya.
  25. Negara Jerman menjadi tujuan imigran paling populer kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.
  26. Buku cetak pertama di dunia dicetak dalam bahasa Jerman.
  27. Ada lebih dari 1.500 jenis wurst (sosis) di Jerman. Kategori utama adalah Rohwurst, Kochwurst, Brühwurst dan Bratwurst.
  28. Orang Jerman makan roti untuk sarapan, makan siang, sebagai makanan ringan dan makan malam. Ada lebih dari 300 jenis roti dark dan white breads dan lebih dari 1.200 jenis roti dan makanan panggang lainnya di Jerman.
  29. Jerman adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia, merek mobil paling populer adalah BMW, Mercedes-Benz, Audi, Porsche, dan Volkswagen.
  30. Jerman dijuluki sebagai “Land of Poets & Thinkers” atau “Negeri Penyair & Pemikir”.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *