Tata bahasa dalam bahasa Inggris sangat luas, hal ini mencakup tense. Jika dijabarkan terdapat 16 tense utama yang wajib Anda hafalkan. Menghafalkan tense ini perlu dimulai dari dasar yaitu tense yang paling banyak digunakan.

Present tense adalah tense utama yang wajib kamu hafalkan. Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang berlangsung saat ini, seperti dikutip dari sumber kursus terpecaya Studiva.

Dalam pembagian present tense, terdapat 4 tense lagi yang menyatakan beragam waktu kejadian saat ini.

Pengertian Present Continuous Tense

Tense yang paling banyak digunakan dan mudah dihafalkan adalah simple present continuous tense. Apa itu present continuous tense? Tense ini secara umum digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung saat ini. Bisa juga digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan berlangsung.

Berbeda dengan future tense, kejadian yang akan berlangsung adalah kejadian yang sudah direncanakan dan pasti akan terlaksana. Kedua fungsi ini menyatakan waktu saat ini dan yang akan datang namun sudah pasti.

Sangat penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat terus menerus menggunakan present continuous tense. Misalnya saja untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi secara normal seperti kebiasaan sehari-hari. Contohnya ‘I am playing the violin every night’, kalima ini salah kecuali kegiatan itu baru saja dimulai jadi keterangan waktu present continuous tense berbeda.

Kalimat yang benar adalah menggunakan simple present tense yaitu I play the violin every night. Jika ingin menggunakan present continuous tense maka kalimat akan berubah menjadi ‘I am playing the violin since morning’.

Keterangan waktu sangat penting untuk menggunakan rumus present continuous tense secara tepat. Berikut ini pengertian present continuous tense untuk kapan saja penggunaan yang tepat:
Kejadian yang sedang berlangsung sekarang

Sesuai fungsi utamanya, Anda bisa menggunakan tense ini untuk kejadian yang berlangsung saat ini. Misalnya saja seperti ‘She is talking in the telephone right now, so you must be wait’ (Dia sedang berbicara di telepon saat ini, jadi Anda harus menunggu).

Kalimat tersebut bisa berubah menjadi bentuk negatif yaitu ‘They are not walking in the rain right now’ (Mereka tidak sedang berjalan ditengah hujan sekarang).

Kapan Seharusnya Menggunakanya Present Continuous Tense ?

Apa pengertian rumus present continuous tense? Kapan menggunakan rumus present continuous tense dengan tepat? Ikuti penjelasannya di sini

1. Kejadian yang berlangsung sementara

Untuk kejadian yang lebih lama dan mungkin membutuhkan tempat sementara maka Anda bisa menggunakan present continuous tense. Rumus tense ini dapat digunakan untuk situasi sementara tidak peduli berapa lama atau sebentar.

Misalnya saja ‘She is learning a new recipe at the moment’ (Dia sedang mempelajari resep baru sekarang).

2. Kebiasaan baru

Hal yang sangat menarik adalah ketika menggunakan present continuous tense untuk mendeskripsikan kejadian yang baru dan berbeda dari masa lampau. Pada kasus ini tense akan digunakan sebagai peran utama dan menampilkan kontras di antara yang lama dan baru.

Contoh kalimatnya adalah ‘These days, many people are using handphone to send a message than they used a few years ago’ (Akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan handphone untuk mengirim pesan daripada beberapa tahun yang lalu’.

Jika digunakan untuk menjelaskan kebiasaan sesuatu baik itu kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Maka kalimat yang digunakan adalah ‘She is always running late with all her classes’ (Dia selalu terlambat mengikuti semua kelasnya).

3. Rencana masa depan

Ketika menentukan sesuatu yang dilakukan di masa depan, maka present continuous tense dapat digunakan untuk mendiskusikan rencana yang sedang dibuat. Contoh kalimatnya adalah ‘When we arrive at the bus station, we are walking to the restaurant’ (Ketika kita sampai di terminal bus, kita akan berjalan ke restoran).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *