Meningkatnya teknologi sangat mempengaruhi media untuk beriklan. Kini ada dua jenis media beriklan yaitu dengan cara tradisional dan kedua adalah cara digital. Masing0masing memiliki jenis iklan yang berbeda.

Baca Juga: Pengertian Present Continuous Tense & Kapan Harus Menggunakanya

Keduanya hingga kini masih sering digunakan karena tergantung dengan skala bisnis dan budget yang berani dikeluarkan.

Mengenal 7 Jenis Iklan yang Sering Digunakan Dalam Kehidupan

  1. Jenis Iklan Tradisional

Iklan tradisional memiliki jenis yang sangat banyak dan biasanya berbentuk hardcopy. Contoh iklan tradisional adalah billboard (spanduk, neon box) , iklan radio, iklan TV dan iklan yang di print (flyer, koran, majalah).

Apa yang dimaksud dengan iklan tradisional ini sudah sangat jelas. Iklan ini banyak kita lihat di jalan atau ketika sales membagikan selebaran.

  1. Jenis Iklan Digital

Saat ini jenis iklan yang sangat terkenal bahkan bisa dibilang sangat murah adalah iklan digital. Iklan ini tidak berbentuk hardcopy dan muncul karena peningkatan pengguna smartphone.

Beberapa jenis iklan digital adalah iklan sosial media, iklan di mesin pencarian (Google search, Mozilla, Yahoo), pop up, iklan mobile.

  1. Apa Itu Iklan Online dan Perkembangannya

Iklan digital merupakan perubahan yang sangat besar dari iklan tradisional. Iklan digital juga bisa disebut sebagai iklan online. Apa yang dimaksud iklan online? Bagaimana iklan ini bisa lebih berkembang dibandingkan dengan iklan tradisional?

Iklan online adalah salah satu jenis pesan marketing yang akan muncul dengan bantuan internet. Artinya iklan ini akan muncul dimana saja seperti web browser, search engine dan juga perangkat mobile lainnya. Teknologi internet yang berkembang pesat pada tahun 90an ini membantu iklan online juga meningkat.

Internet yang dulunya hanya dapat diakses melalui komputer saja, kini sudah maju. Semua orang bisa mengakses berbagai informasi melalui smartphone. Mengapa iklan online kini lebih diminati? Ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh sebuah bisnis di dalamnya sebagai berikut ini.

  1. Cakupan yang didapat secara global dan mudah

Kebiasaan orang untuk mencari berbagai informasi tentang produk dan juga jasa melalui mesin pencari seperti Google dan Bing adalah alasan utamanya.

Iklan internet kini adalah cara untuk mengajukan penawaran kepada lebih dari 4,3 miliar pengguna web di seluruh dunia. Anda bisa dengan mudah menargetkan konsumen secara langsung di seluruh dunia.

  1. Terjangkau dengan semua anggaran

Menurut Seriously Simple Marketing biaya minimal yang ditargetkan untuk mencapai 2.000 konsumen adalah tiga kali lebih murah dibandingkan dengan iklan tradisional.

Hingga perusahaan mana saja dari skala kecil hingga besar bisa memanfaatkan iklan online tampa membuang banyak budget. Sehingga budget bisa dimaksimalkan untuk memproduksi produk.

  1. Adanya target konsumen

Iklan tradisional tidak bisa memfilter konsumen sesuai dengan target pemasaran produk yang dijual. Hal inilah yang memungkinkan budget terbuang banyak. Berbeda dengan iklan online yang bisa memfilter target konsumen secara khusus. Jadi iklan yang akan Anda pasang hanya akan terlihat bagi orang yang memiliki ketertarikan sesuai dengan jenis produk.

  1. Interaksi dengan konsumen secara langsung

Iklan di internet akan memudahkan Anda untuk hadir di waktu yang tepat sehingga interaksi langsung dengan konsumen. Anda bisa mempromosikan produk melalui Instagram, Facebook dan bangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Jika terdapat pertanyaan terkait produk konsumen bisa langsung menghubungi melalui pesan atau chatting yang tersedia.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *