Gatot Nurmantyo Mencoba Bangun Poros Ketiga

JAKARTA— Jenderal (Purnawirawan) Gatot Nurmantyo belum patah semangat untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum 2019. Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia ini masih terus berupaya mencari dukungan ke sejumlah partai politik untuk membentuk poros koalisi baru.

Rama Yumatha, Ketua Umum Relawan Selendang Putih Nusantara—relawan yang menjadi pendukung Gatot—mengatakan Gatot masih optimistis bisa membuat poros baru yang bersedia mendukungnya. “Kami lagi berjuang mewujudkan poros baru,” katanya kepada Tempo, Selasa lalu. Sejumlah partai yang didekati adalah Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Gabungan kursi parlemen dari ketiga partai itu sudah mencukupi untuk mengusung pasangan calon presiden. Dalam waktu dekat, menurut dia, akan ada pertemuan antara pendukung Gatot dan PKB. “Kami mendorong PKB dan para kyainya,” kata Rama. Hingga berita ini ditulis, Gatot belum bisa dimintai komentar. Panggilan telepon dan pesan elektronik dari Tempo belum dia respons. Namun, sebelumnya, Gatot menyatakan siap maju pada pemilu tahun depan. Pada April lalu, dia menemui petinggi PAN untuk membahas kemungkinan pembentukan koalisi partai baru. Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan partainya memang sempat memperhitungkan Gatot.

Sedangkan Direktur Pencapresan PKS, Suhud Alynudin, mengungkapkan bahwa upaya pembentukan poros ketiga sempat mencuat. Ia mengatakan Gatot juga pernah berkomunikasi dengan partainya untuk membangun kekuatan baru. Namun pembentukan poros ketiga itu sulit terwujud. “Kami sudah pernah ada komunikasi, tapi tidak berlanjut,” tuturnya. Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Faisol Reza, juga menilai peluang terbentuknya poros ketiga kini sangat kecil. Apalagi PKB sudah menegaskan tidak akan berpaling dari koalisi pendukung Joko Widodo. “Kami tetap mendukung Pak Jokowi,” ucapnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *