Beberapa waktu lalu, di areal Jalan Jendral Sudirman Jakarta, koalisi Car Free Day sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat dan Komunitas di Indonesia melalui gerakan Aksi Global untuk Keadilan Iklim. Mereka melaku kan long march dan juga membentangkan kain sepanjang 30 Meter bertuliskan “Global Action Day”. Tidak hanya di Indonesia, aksi massa ini juga dilakukan oleh seluruh masyarakat dunia tepat pada hari itu.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Di Indonesia sendiri sekitar 30 lembaga bergabung dalam kegiatan ini, di antaranya: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WAL HI), Aksi/2015, Gerakan Lingkungan Hidup Umat Katolik Indonesia (GELHUKI), WALHI Jakarta, Goodlife Comunity, Global Call to Ac tion Against poverty (GCAP), Aliansi Masyara kat Adat Nusantara (AMAN), Koalisi Untuk Hutan dan hukum global, For Bali Jakarta, SALUD, Aikon, Komunitas Energi Terbarukan, KPBB, Rimbawan Muda Indonesi (RMI ), dan yang lainnya.

 

Edo Rahkman, Manager Kampanye WALHI, yang bertugas sebagai Koordinator Lapangan untuk Aksi ini, mengatakan, peme rintah perlu mengeluarkan kebijakan nasional untuk mengakui sistem dan model wilayah kelola rakyat, sebagai upaya mitigasi perubah an iklim. Selama ini, sistem dan model yang dikelola oleh masyarakat adat dan masyarakat lokal ini, justru berkontribusi besar bagi upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Hadir artis Melanie Subono yang juga pemerhati lingkungan untuk memberikan du kungan gerakan ini.

“Bumi adalah rumah kita yang harus kita bikin senyaman mungkin. Ka lau bumi ini terus dirusak, bagaimana nasib generasi kita selanjutnya nanti,” ujar Melanie. Aksi long march ini dimulai dari kisaran panggung utama Car Free Day Sudirman, ber putar di bundaran HI, lalu kembali ke arah panggung utama. Cuaca hujan tidak menyu rutkan semangat para peserta yang tetap ber semangat meneriakkan yel-yel. Aksi theatrical serta flash mob juga mewarnai aksi ini dan sempat menarik perhatian pengunjung Car Free Day.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *